Panas
yang diserap ini harus dibuang juga keluar agar panas mesin tidak berlebilan
(over heating), sebab panas yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada
kerja mesin dan menyebabkan kerusakan yang fatal.Untuk mengatasi hal tersebut, maka
mesin dilengkapi dengan sistem pendinginan.
Pada
mesin yang berputar pasti akan timbul panas pada komponen mesin, akan tetapi
tidak semua energi panas yang dihasilkan dirubah menjadi tenaga mesin, hanya
sekitar 25% yang terserap menjadi tenaga mesin, sekitar 45% hilang saat gas
buang, atau gesekan, sekitar 30% diserap oleh mesin itu sendiri, panas yang
diserap tadi harus segera dilepaskan, sebab kalau tidak ini bias mengakibatkan
panas yang belebihan dan mengakibatkan kerusakan pada mesin. Untuk itu perlu
dipasang system pendingin untuk membantu mendinginkan mesin, system pendinginan
bias menggunakan pendingin udara, atau untuk mesin modern sekarang banyak
menggunakan system pendingin air.
Pada
system pendingin air memiliki konstruksi ynag lebih rumit disbanding pendingin
udara, akan tetapi memilik banyak kelebihan disbanding pendingin udara,
diantaranya mesin menjadi relatif aman karena disekeliling silinder dikelilingi oleh air pendingin,
air juga bias meredam bunyi yang belebihan dalam mesin, dan air juga bisa
dijadikan pemanas ruangan didalam ruang kemudi (khusus di Negara yang memiliki
musim dingin).
Cara kerja :
·
Bila mesin dingin
Saat
mesin masih dingin sirkulasi air pendingin hanya terjadi didalam mesin saja
tanpa melalui radiator, ini dikarenakan adanya thermostat yang masih menutup
saat mesin dingin, jadi air yang mestinya kedalam radiator tertutup oleh
thermostat dan akan melewati saluran bypass untuk kembali bersirkulasi kedalam
mesin, proses ini juga bertujuan untuk mempercepat mesin mencapai suhu kerja
normal yaitu sekitar 80-90 derajat C.
·
Bila mesin panas
Saat
mesin sudah panas dan melebihi temperatur kerja maka thermostat akan terbuka
dan saluran bypass akan tertutup sehingga air yang sudah panas akan dialirkan
kedalam radiator untuk selanjutnya didinginkan oleh kipas dan laju kendaraan
itu sendiri, selanjutnya cairan pendingin yang sudah didinginkan didalam
radiator kembali dialirkan kedalam mesin untuk kembali mendinginkan mesin, begitu
seterusnya sampai temperatur kembali turun hingga thermostat kembali menutup,
begitu seterusnya proses ini berulang.
Komponen :
·
Radiator
Radiator
berfungsi untuk mendinginkan cairan pendingin yang sudah melalui water jacket,
radiator terdiri dari upper water tank, radiator core pada bagian tengahnya dan
lower water tank pada bagian bawah.Pada bagian upper tank terdapat tutup
radiator untuk menambah air, juga ada upper hose sebagai penghubung dengan
bagian mesin, juga dilengkapi selang yang menuju reservoir tank untuk menampung
uap air yang berlebihan untuk ditampung.Lower tank dilengkapi outlet tank dan penguras, sedangkan
inti radiator terdapat pipa-pipa air untuk dapat dilalui air dan terdapat
sirip-sirip untuk menyerappanasdari cairan pendingin sehingga radiator dapat didinginkan kipas atau
laju kendaraan itu sendiri.
Seperti
halnya sudah dijelaskan tadi, inti radiator adalah tempat aliran air dari upper
tank menuju lower tank untuk didinginkan kipas atau laju kendaraan itu
sendiri.Ada dua tipe inti radiator yang perbedaanya adalahtergantung pada model
sirip-sirip pendinginnya. Tipe plate (flat fin type) dan tipe lekukan
(currogated fin type) seperti terlihat pada gambar diatas.
Beberapa
kendaraan modern menggunakan versi terbaru, yaitu tipe lekukan, dari radiator
tipe SR. Tipe ini hanya mempunyai susunan pipa tunggal (single row) sehingga
bentuk keseluruhan lebih tipis dan ringan dari tipe biasa.
·
Tutup radiator
Pada
umumnya radiator dilengkapi dengan tutup radiator yang bertekanan dan menutup
rapat pada radiator.Ini memungkinkan naiknya temperatur pendingin sampai 100°C
tanpa terjadi mendidih.Penggunaan tutup radiator yang bertekanan diutamakan
karena efek pendinginan semakin bagus dikarenakan terdapat perbedaan suhu
anatara suhu udara luar dan air pendingin.Ini berarti ukuran radiator dapat
diperkecil tanpa mengurangi pendinginan yang diperlukan.
Pada
tutup radiator dilengkapi relief valve dan vacuum valve seperti pada gambar.
Bila volume air bertambah saat temperatur naik tekanan didalam system juga
bertambah bila tekanan naik hingga 0,3-1,0 kg/cm2 pada 110-120°C relief valve
akan membuka dan melepaskan tekanan melalui overflow pipe, sehingga air
pendingin dialirkan ke tangki cadangan.
Temperatur cairan pendingin berkurang
setelah mesin berhenti maka didalam radiator juga mengalami penurunan tekanan
yang mengakibatkan kevacuman, vacuum valve akan membuka secara otomatis dan
menghisap kembali air pendingin yang berada didalam tangki cadangan untuk
dialirkan kedalam radiator.
·
Tangki cadangan dan reservoir
tank
Tangki
cadangan berfungsi menampung air pendingin yang keluar dari radiato melalui
overflow pipe, untuk selanjutnya dialirkan kembali kedalam radiator setelah
mesin dingin agar air pendingin tidak terbuang keluar dan terjadi keterlambatan
air pendingin didalam system.
·
Pompa air
Pompa air
(water pump) mengirimkan cairan pendingin melalui system pendingin dengan
tekanan.Umumnya yang banyak digunakan adalah tipe pompa sentrifugal. Pompa air
ditempatkan dibagian depan blok silinder dan digerakkan oleh tali kipas.
Temperatur cairan pendingin sangat
berpengaruh terhadap performa mesin.Pada umumnya temperature kerja atau
temperature dimana mesin bisa bekerja optimal berkisar antara
80-90°C.Temperatur tidak boleh terlalu lama berada diluar dari angka tersebut,
thermostat adalah semacam katup yang dirancang khusus agar bisa membuka dan menutup secara otomatis
sesuai perubahan temperatur, sehingga suhu mesin dapat dipertahankan pada
temperatur tersebut karena saluran dari mesin menuju radiator dapat terbuka dan
menutup secara otomatis.
Thermostat
dioperasikan oleh wax sealed yang ada dalam silinder thermostat, volume wax
dapat bertambah saat temperature naik, ini yang akan membuka katup thermostat,
begitu sebaliknya saat temperature turun volume wax akan berkurang dan katuppun
tertutup. Thermostat juga dilengkapi jingle valve yang berfungsi mengalirkan
air pendingin dari system saat dilakukan pengisian air pendingin.
·
Kipas pendingin
Radiator
didinginkan oleh udara luar, akan tetapi ini belum cukup mendinginkan saat mesin
berhenti atau mobil belum jalan, untuk itu agar udara dapat mengalir untuk
mendinginkan radiator maka dipasang kipas pendingin dibelakang radiator.
Ada dua
tipe system penggerak dari kipas pendingin, ada yang digerakkan secara
mekanikal (melalui tali kipas) ada juga yang menggunakan system elektrik.
Kipas
jenis ini digerakkan terus menerus selama mesin hidup oleh tali kipas,
kecepatan kipas bergerak seiring kecepatan mesin, utnuk mengatasi hal ini
biasanya antara kipas dan pompa air ditambahkan kopling fuida.
·
Kipas yang digerakkan oleh
motor atau elektrik
Kipas
model ini bekerjanya berdasarkan motor listrik yang mendapat sinyal dari sensor
temperatur, jadi ketika mesin masih dingin sensor belum mengalirkan listrik ke
motor sehingga kipas belum berputar, dan ketika mesin sudah panas sensor akan
mengirimkan sinyal ke ECU kemudian mengalirkan tegangan ke motor melalui relay
dan motorpun berputar. System ini akan mempercepat pencapaian suhu kerja dan
mengurangi
beban mesin karena tidak digerakkan langsung oleh mesin, ujung-ujungnya
penggunaan bensin lebih optimal.
Untuk
tali kipas model ini adalah tipe yang banyak digunakan pada kendaraan modern
saat ini, tipe ini menggerakkan semua komponen seperti alternator, pompa power
steer, dan lain-lain dalam satu tali kipas otomatis panjang keseluruhan mesin
dapat dikurangi sehingga memperkecil penggunaan ruang mesin, model ini juga
memiliki daya tahan yang bagus, dikarenakan terbuat dari bahan khusus maka tali
kipas model ini agak lebuh mahal dibanding model lain.
Sekian untuk postingan tentang Sistem Pendinginan dan semoga dapat bermanfaat. Amiin.....
Sumber: Buku Laporan Prakerin dengan judul "Laporan Praktek Kerja Industri di Bengkel Amarta Putra" yang di tulis oleh rio nugroho
Sekian untuk postingan tentang Sistem Pendinginan dan semoga dapat bermanfaat. Amiin.....
Sumber: Buku Laporan Prakerin dengan judul "Laporan Praktek Kerja Industri di Bengkel Amarta Putra" yang di tulis oleh rio nugroho
siiiiiiip.......
BalasHapus