Agar katup bisa membuka
dan menutup tepat pada saat yang diperlukan, maka dibutuhkan mekanisme yang
bisa mengaturnya.Saat mesin berputar maka kedua camshaft (intake & exhaust)
juga ikut berputar karena dihubungkan dengan cranksaft melalui mekanismenya,
karena pada camsaft terdapat camlobe maka camlobe ini yang mendorong katup agar bisa membuka, camlobe
sendiri didesain secara khusus disesuaikan dengan sudut pembukaan katup yang diperlukan.
Berikut metode penggerak katub yang banyak digunakan
pada kendaraan :
a. Timming
Gear
Adalah metode dimana
camshaft digerakkan cranksaft melalui perkaitan gigi, model ini hampir tidak
memerlukan perawatan dan memiliki kekuatan yang lebih, tapi model ini
cenderung menimbulkan suara yang berisik, oleh karena itu model ini kurang
cocok untuk mesin bensin modern seperti sekarang.
b. Model
Timming Chain
Model ini digunakan pada
mesin OHC (Over Head Camshaft) & DOHC (Dual Over Head Camshaft) camshaft
terletak di kepala silinder dan digerakkan oleh rantai timming yang dilumasi
oli, ketegangan rantai diatur oleh chain tensioner, sementara getaran rantai
diredam oleh chain vibration dumper.
Model ini memiliki daya tahan yang bagus & suara yang ditimbulkan pada
model ini cenderung lebih sedikit oleh karena itu model ini sangat populer
sampai sekarang.
c.
Model Timming Belt
Pada model ini
konstruksinya hampir sama dengan model timming chain, yang membedakan cuma
rantai disini digantikan oleh sabuk karet bergerigi, sabuk pada model ini
terbuat dari fiberglass yang diperkuat dengan karet sehingga tidak mudah melar
karena perubahan suhu, selain itu tipe ini cenderung tidak menimbulkan bunyi
dari tipe yang lain sehingga model ini banyak dipilih jenis kendaraan jaman
sekarang. Akan tetapi karena umur sabuk tidak sekuat rantai atau gear maka
model ini harus dilakukan penggantian cecara rutin.
Sekian postingan dari saya tentang mekanisme katup dan semoga dapat bermanfaat. Amiin....
Sumber: Buku yang berjudul "Laporan Praktek Kerja Industri di Bengkel Amarta Putra" yang ditulis oleh rio nugroho
Tidak ada komentar:
Posting Komentar