Mekanisme penggerak kopling terdiri dari 2 macam :
a.
Mekanisme Penggerak Kopling
Mekanis
Pengoperasian unit kopling sistem mekanik menggunakan kabel baja
yang menghubungkan pedal kopling dengan tuas pembebas kopling. Saat pedal
kopling diinjak, menarik kabel kopling yang diteruskan dengan menggerakan tuas
pembebas ke arah maju menekan pegas kopling, sehingga plat kopling bebas tidak
terjepit oleh plat tekan.
b.
Mekanisme penggerak Kopling
Hidrolis
Pengoperasian kopling sistem hidrolis ini memanfaatkan tekanan
hidrolis minyak. Pedal kopling berfungsi untuk menekan minyak yang ada pada
master silinder dan disalurkan kesilinder kopling. Tekanan minyak
mendorong tuas pembebas dan bantalan tekan menekan pegas diafragma. Proses ini
menyebabkan kopling memutuskan hubungan mesin dengan sistem pemindah tenaga.
Cara Kerja Kopling
:
Fly wheel atau roda gila meneruskan sekaligus menyimpan energi dari Crank Shaft
(kruk as) mesin saat mesin hidup (berputar), Plat koplingmenjadi satu-satunya
perantara tenaga mesin dengan Porseneling kita yang akhirnya tenaga ini akan
diteruskan ke Roda. Sedangkan Plat penekan( Dekrup) bekerja sebagai
pengatur kapan tenaga mesin di teruskan dan kapan tenaga mesin tidak
diteruskan, hal ini dilakukan oleh kaki kita saat menginjak atau melepas pedal
kopling melalui perantara Bantalan Tekan.
Komponen utama kopling dan fungsinya :
Clutch
release mechanism
Mekanisme
Pembebas kopling
|
Memungkinkanpengendaramengkopling
dengan pedal kaki.
|
Clutch fork
Tuas/garpu
kopling
|
Adalah tuas
yang memberi gaya bearing pembebas melawan plat penekan
|
Pressure
Plate
Plat penekan
|
Plat yang
ditekan dengan spring(per) memberi gaya plat kopling melawan roda gila
(flywheel)
|
Clutch disc
Pelat
kopling
|
Piringan
gesek yang dipasangkan ke poros input transmisi. Memuat permukaan
gesek(kasar) antara roda gila dengan plat penekan.
|
Flywheel
Roda gila
|
Memberikan
suatu permukaan gesek (kasar) pada plat kopling
|
Pilot
bearing
(ring atau
bearing)
|
Mendukung/menyangga
bagian ujung depan dari poros input transmisi
|
Sekian untuk postingan tentang Mekanisme Penggerak Kopling dan semoga dapat bermanfaat. Amiin.....
Sumber: Buku Laporan Prakerin dengan judul "Laporan Praktek Kerja Industri di Bengkel Amarta Putra" yang di tulis oleh rio nugroho
Tidak ada komentar:
Posting Komentar